Followers

Papa & Mama

Daisypath Anniversary tickers

Baby Mama

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Thursday, 15 September 2011

ZiKir Ibu Hamil

DZIKIR-DZIKIR YANG DIANJURKAN BAGI WANITA HAMIL DAN MELAHIRKAN

Salah satu energi terbesar bagi ibu hamil dalam menghadapi berbagai kesulitan adalah banyak berdzikir dan berdo’a kepada Allah. Terutama bagi wanita yang baru pertama kali hamil, ia sering dihinggapi berbagai perasaan yang bercampur aduk antara gembira, takut, khawatir dan perasaan lainnya. Maka perbanyaklah mengingat Allah agar hati menjadi tenang. Allah berfirman: ”Orang-orang yang beriman, dan hati mereka tenang dengan mengingat Allah. Ingatlah, dengan memngingat Allah maka hati menjadi tenang” (Q.S. Ar-Ra’d:28)

Maka perbanyaklah berdzikir kepada Allah. Dzikir terbaik dan sangat dianjurkan adalah memperbanyak membaca Al-Qur’an. Satu huruf saja mengandung sepuluh kebaikan.Didalamnya terdapat obat bagi penyakit lahir maupun batin. Bacalah tanpa menentukan surat-surat tertentu, kecuali di saat-saat tertentu yang terdapat dalil bagi keutamaannya.Dzikir berikutnya yang sangat dianjurkan adalah dzikir pagi-petang. Berikut ini sebagian dzikir dan doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh wanita yang sedang hamil agar mendapat ketenangan hati dan dijaga dari berbagai kejahatan:


1. Membaca Surat Al-Faatihah

Keterangan:

Surat ini dapat dibaca satu kali, tiga kali, tujuh kali atau lebih dari itu untuk meruqyah segala penyakit. Terapi dengan surat ini hanya akan berpengaruh dan bermanfaat bila disertai dengan keyakinann bulat bahwa Allah-lah yang menyembuhkan segala penyakit. Firman-Nya yang dijadikan-Nya sebagai penyembuh ini hanyalah wasilah (perantara atau cara) yang diizinkan-Nya.

2. Membaca Ayat Kursiy

Keterangan:

a. Dibaca satu kali di pag hari dan satu kali di sore hari. Juga ketika akan tidur dan setiap selesai shalat fardhu.

b. Dzikir ini berguna agar mendapat penjagaan malaikat di malam hari.

3. Membaca Dua Ayat Terakhir Dari Surat Al-Baqarah (Yakni Ayat 285 dan 286)

Keterangan:

a. Dibaca satu kali di sore hari atau sebelum tidur atau dibacakan di rumah

b. Dzikir ini berguna agar dicukupi dan dijaga (dilindungi) dari segala sesuatu

Diriwayatkan dari Abu Mas’ud al-Anshari radhiallahu’anhu dari Nabi Shalallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda: ” Barangsiapa yang membaca dua ayat dari akhir surat al-Baqarah pada malam hari, maka kedua ayat ini akan mencukupinya (dari segala keburukan, godaan syaithan, gangguan jin dan manusia)” HR.Bukhari dan Muslim.

4. Membaca Surat Al-Ikhlas dan Al-Mu’awwidzatain (Surat Al-Falaq dan An-Naas)

Keterangan:

a. Dibaca masing-masing tiga kali di pagi hari dan sore hari. Juga sebelum tidur (HR.Bukhari, Abu Dawud dan at-Tirmidzi), dibaca juga setiap selesai shalat fardhu masing-masing satu kali (HR.Abu Dawud, At-Tirmidzi).

b. Khasiatnya diantaranya menjadi pencukup dan penjaga dari segala sesuatu.

c. Al-Falaq dan An-Naas adalah dua surat terbaik untuk memohon atau berdoa dengan keduanya dan minta perlindungan dengan keduanya

d. Dua surat ini menjadi pelindung dari jin dan penyakit ’ain (pandangan yang jahat dari manusia yang dengki sehingga menimbulkan penyakit teretentu)

Diriwayatkan dari ’Abu Sa’id al-Khudri radhiallahu’anhu, ia berkata:

”Sesungguhnya Nabi biasa memohon perlindungan dari jin dan ’ain (pandangan yang membahayakan) dari manusia yang hasud. Hinggga turunlah al-mu’awwidzatain (dua surat untuk mohon perlindungan yakni surat al-Falaq dan an-Naas). Tatkala kedua surat itu tuurun, maka Nabi memegang teguh kedua surat tersebut serta meninggalkan selain keduanya” HR.at-Tirmidzi

5. Memperbanyak Ucapan Laa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaah (”Tidak ada daya untuk melakukan ketaatan, dan tidak ada kekuatan untuk menjauhi kemaksiatan kecuali dengan pertolongan Allah”)

Keterangan:

a. Dibaca sebanyak-banyaknya tanpa ada batasan jumlah tertentu.

b. Bacaan ini merupakan suatu perbendaharaan dari perbendaharaan-perbendaharaan surga dan khasiatnya sangat menakjubkan

c. Kalimat ini adalah penyembuh dari banyak jenis penyait.Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, dari Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam, beliau bersabda: ” Barangsiapa mengucapkan laa haulaa walaa quwwata illaa billaah, maka bacaan itu menjadi obat bagi 99 macam penyakit, yang paling ringan darinya adalah kedukacitaan” (dikeluarkan oleh al-Hakim dalam kitabnya al¬mustadrak,ia berkata Sanadnya Shahih)

6. Ucapan Bismillah (”Dengan Menyebut Nama Allah”).

Keterangan:

a. Bacalah ketika memulai segala perkara yang penting dan bermanfaat

b. Diantara faedahnya adalah agar dijaga dari syaithan sehingga ia tidak ikut makan dan menginap bersama orang yang membacanya

c. Dengan basmallah anda dijaga dari syaithan dan basmallah itu menjadi tutupan dari pandangan syaithan sehingga ia tidak akan bisa membahayakan orang yang membacanya.

(Sumber: Tuntunan Praktis dan Padat Bagi Ibu Hamil dari ’A’ sampai ’Z’ Menurut Alqur’an dan as-Sunnah Yang Shahih karya Abu Muhammad Ibnu Shalih bin Hasbullah)

No comments:

Post a Comment

hakmilik kekal Mama Hazwani